Home » Berita » Nasional » Kenaikan BBM Bijakkah diputuskan

Kenaikan BBM Bijakkah diputuskan

Tuesday, April 3rd 2012. | Nasional

Yuniarku – Kenaikan BBM bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Tahun 2008 pemerintah pernah melakukan kebijakan ini dikarenakan harga minyak dunia mengalami kenaikan yang mempengaruhi inflasi mata uang dolar. Sekarang kebijakan ini dilakukan kembali tahun ini, menaikkan harga BBM bersubsidi dengan alasan melambungnya harga minyak mentah dunia. Pemerintah mengatakan kenaikan BBM tahun ini adalah menekan pengeluaran APBN yang digunakan untuk subsidi BBM. Kebijakan ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan negara, dimana peningkatan ini mampu menutupi hutang negara yang belum terbayarkan. Selain itu alasan lain pemerintah dalam kenaikan BBM merupakan usaha penyelamatan penyelenggaraan pelayanan negara seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial yang dirasa perlu adanya peningkatan untuk menuju lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Kenaikan BBM Kenaikan BBM Bijakkah diputuskan

Ilustrasi : Kenaikan BBM

Berbagai reaksi masyarakat timbul dengan kebijakan pemerintah kali ini. Tidak sedikit dari kalangan masyarakat mengeluarkan pendapatnya, satu pihak ada yang pro dan pihak lain kontra dengan kebijakan ini. Bagi mereka yang pro, mendukung kenaikan BBM dengan berbagai alasan yang memperkuat argumennya. Namun bagi mereka yang kontra, menolak secara tegas bahkan tindakan anarkis dilakukan agar suara dan pendapatnya didengar pemerintah. Mereka yang kontra mengatakan sebagai wakil rakyat dan pembela kesejahteraan rakyat. Kalangan ini meliputi DPR, kalangan mahasiswa, petani, nelayan, pedagang, para supir angkot dan sebagainya dimana mereka semua merasa sebagai rakyat kecil yang menganggap dirinya dirugikan. Disisi lain diantara masyarakat yang pro dan kontra, terdapat mereka masyarakat yang pasrah mengikuti setiap kebijakan pemerintah, mereka merasa pemerintah memiliki tujuan terbaik tersendiri atas kebijakan ini bagi rakyat.

Kenaikan BBM-mengundang mahasiswa untuk beretorika

Mahasiswa yang merupakan kaum cendekiawan ikut turun tangan dalam hal menolak kenaikan BBM. Mahasiswa adalah anak bangsa yang harusnya memiliki jiwa kreatif dan inovatif mencari alternatif pemecahan masalah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat awam akan kebijakan kenaikan BBM kali ini. Sebagai mahasiswa yang berpengalaman dalam dunia perkembangan pendidikan, intelektual dan dirasa menjadi pribadi yang cerdas taat akan norma dan memiliki nilai moral yang baik tidak seharusnya beretorika secara berlebihan. Bertindak anarkis sama sekali tidak mencerminkan nilai baik dari pribadi mahasiswa sebenarnya.

Mahasiswa lebih suka beretorika dengan organisasi yang membinanya ke dalam dunia politik negara, sedangkan di dalamnya terdapat begitu banyak sandiwara di belakang layar pentas sebenarnya. Tidak sedikit mahasiswa turun ke jalan, menyuarakan pendapatnya, mengepalkan tangan mereka, meneriakkan penolakan berbekal spanduk lengkap dengan kaligrafi penghujatan akan kebijakan di dalamnya. Tujuannya tidak lain mengenalkan namanya ke dunia khalayak umum ataupun untuk kepentingan politik semata bahwa mereka mahasiswa pembela negara. Mahasiswa adalah jiwa-jiwa yang bebas untuk mengeluarkan pendapatnya, jiwa muda yang harusnya membawa kebaikan dalam perubahan negara yang lebih baik, termasuk membawa warga Indonesia  untuk menerima ataupun menolak kenaikan BBM. Jika sudah seperti ini akankah pemerintah tetap pada pendiriannya untuk mengurangi subsidi BBM.

Kenaikan BBM- perilaku masyarakat tidak lebih baik kedepannya

Bukan hanya pada fase anak-anak seseorang mengalami perubahan tingkah laku pengaruh dari lingkungannya seperti diterangkan pada teori behaviorisme. Kenaikan BBM memicu Masyarakat dengan  keadaan sosial, ekonomi, pendidikan dan peraturan yang baru, akan mengubah pola perilaku mereka. Sebagian dari mereka berpikir akan lebih baik dari sebelum adanya perubahan kenaikan BBM, namun tidak sedikit dari mereka berpola pikir menjadi lebih buruk dikarenakan himpitan sosial ekonomi yang dihadapinya bahkan tidak jarang menimbulkan gangguan pada psikologis mereka. Begitu banyak masalah sosial timbul sejak melambungnya harga pangan di Indonesia. Kebutuhan pokok yang harusnya dapat dinikmati oleh semua insan yang masih mampu menggunakan matanya untuk melihat dunia, ternyata ada sebagian dari mereka tidak mengenalnya. Bukan karena orang tua mereka tidak mengenalkan sandang pangan yang cukup kepada mereka, tapi karena mereka tak kuasa untuk mengenalnya dibawah garis kemiskinan. Beriringan dengan kenaikan BMM, harga bahan pokok akan turut naik, begitu juga dengan harga lain seperti biaya transportasi. Kenaikan BBM  juga akan menimbulkan semakin meningkatnya angka pengangguran dan turunnya produksi barang dan jasa masyarakat menengah kebawah.

Kenaikan BBM sudah saatnya untuk benar-benar diperhatikan oleh pemerintah. Cobalah Pemerintah untuk memalingkan diri dari kesalahan yang pernah dibuat. Bukan karena masyarakat yang tidak mampu untuk berkembang dan mengikuti kebijakan yang dibuat tapi mungkin karena pemerintah serta wakilnya yang begitu berbelit-belit hingga membuat masyarakat merasa kecewa. Begitu banyak kasus yang masyarakat tidak mengetahui kebenarannya, seperti suatu sandiwara yang tiada akhirnya. Bisa dilihat untuk pola perilaku dan kehidupan masyarakat Indonesia kedepannya nanti, kemungkinan besar tidak lebih baik dari sekarang setelah kenaikan BBM. Namun pemerintah memiliki hak untuk memutuskan yang terbaik kedepannya, berdasar rapat paripurna yang digelar oleh para dewan perwakilan rakyat 31 Maret 2012 menyatakan bahwa harga BBM tidak boleh naik dengan syarat harga minyak mentah dunia tetap stabil dan belum menunjukkan kenaikannya secara signifikan. Namun sampai kapan harga minyak dunia akan tetap stabil, sedangkan sumber daya alam yang ada akan terus mengalami penurunan. Dengan putusan ini, kita bisa melihat harga mati untuk kesejahteraan masyarakat. Hingga putusan pemerintah kali ini dibatalkan, diharapkan bisa membentuk pola perilaku masyarakat yang lebih hemat energi dan lebih baik dalam konteks sosial, pendidikan, intelektual, kesehatan dan perkembangan ekonomi berawal dari satu kebijakan kenaikan BBM. (mi2e/um)

tags: bbm, harga bbm, kenaikan bbm, kenaikan harga bbm

Related For Kenaikan BBM Bijakkah diputuskan

Comment For Kenaikan BBM Bijakkah diputuskan

Yuniarku.Com Fanspage

Random Search Terms

janin 1 bulan, makanan kumang laut, kerangka layang-layang unik, cara buat layangan unik, toko zalora di balikpapan, apa itu WhatsApp, mkanan alami n minuman alami yg dpat menguatkan kandungan yg baru brusia minggu, aplikasi cermin untuk hp, penyakit yg disebabkan oleh Haemophylus influenza, program design rumah 3d gratis, Gambar desain gamis untuk anak kampuz, gadget terbaru dan tercanggih, app pc bikin rumah, app android untuk buat desain rumah, kulit dalam paha pecah, busana gamis, pola dasar gamis dewasa, apakah benar cantik itu sederhana menurut islam, rambut cepak cewek, buah yg bisa kuatkan kandungan ibu hamil, bgaimana cara menjaga biar janin kuat dan sehat?, desain layang layang kupu kupu, cara menjadi anggota qoo10, model baju gamis terbaru, wanita karir, doa janin kuat, jenis kain untuk membuat gamis sederhana, software pembuat denah gedung gratis, gimana cara mencari toko online yang kita inginkan ditokobagus, model gamis, software Desain Rumah, aplikasi desain rumah, toko online qoo10, Hamil muda makan sayur bambu muda bolehkah?, game android yang bisa bangun rumah, pola/model baju khusus wanita berjilbab besar, pakaian gamis, gambar ikan hias, cara berhijab yang baik dan benar, gambar orang di salon kecantikan khusus wanita, cara memakai jilbab segi empat, software gratis design rumah 3d, harga nokia asha 305 harga dan spesifikasi, pemakaian jilbab yang baik nan elegan, kerudung kebaya, makanan yang menguatkan janin, kandungan menjadi kuat ketika usia, mode rambut pendek, nama aplikasi android untuk desain rumah, aplikasi untuk design rumah android